KONSEP INTI
PENJUALAN
Dalam konsep penjualan, produsen
berpendapat bahwa agar konsumen membeli produk yang dihasilkaan organisasi maka
harus ada upaya aktif dan produsen untuk melakukan usaha penjualan dan promosi
penjualan yang agresif. Konsumen tidak boleh dibiarkan memilih dan membeli
sendiri tanpa upaya aktif dan produsen untuk membujuknya membeli dalam jumlah
tertentu yang diinginkan produsen. Konsumen yang tidak memiliki keinginan untuk
membeli juga harus diupayakan agar mereka membeli produk yang dihasilkan.
Konsep penjualan ini banyak dipakai terutama untuk barang-barang yang tidak
dicari, atau tidak terpikir oleh konsumen untuk membelinya.
a.
Kondisi
dan Kemampuan Penjual
Ø Jenis dan karakteristiknya
Ø Harga produk
Ø Syarat penjualan, seperti : Pembayaran, pengantar,
pelayanan purna jual, garansi, dan sebagainya
Ø Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang
penjual yaitu : Sopan, pandai bergaul, pandai berbicara, mempunyai kepribadian yang baik, sehat
jasmani, jujur, mengetahui cara penjualan dan sebagainya.
b.
Kondisi
Pasar
Ø Jenis pasarnya, apakah pasar konsumen, pasar
industri, pasar penjual, pasar pemerintah atau pasar internasional.
Ø Kelompok pembeli atau segmen pasar
Ø Frekuensi pembelinya
Ø Keinginan dan kebutuhan
c.
Modal
Agar usahanya lancar maka diperlukan
sarana penunjang alat transportasi, tempat peragaman yang baik didalam perusahaan,
promosi dan sebagainya. Semua in hanya dapat dilakukan apabila penjual memiliki
sejumlah modal yang diperlukan.
d.
Kondisi
organisasi perusahaan pada perusahaan besar, biasanya masalah penjual ditangani
oleh bagian penjual yang dipegang oleh orang ahli-ahli atau tertentu lain
helnya dengan perusahaany kecil dimana masalah penjualn ditangani oleh orangaa
yang juga menjualkan fumsi2 lain
e.
Faktor
lain
Faktor-faktor
sperti : Periklanan, Peragaan, kampanye, pemberingankan hadiah, sering
memprngaruhi penjualan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar